• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Polres Hulu Sungai Tengah, bertempat di jalan Tatah Desa Barikin Kec. Haruyan Kab. Hulu Sungai Tengah (HST) telah dilaksanakan Upacara Adat Manyanggar Banua, Minggu (15/6/2018) sekitar jam 14.00 Wita.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I..K, M.H., yang diwakili Kasat Binmas AKP Agus Tamzid, S.Sos, M.M., Raja Banjar Pangeran H. Khairul Saleh yang diwakili Menteri Luar Negeri dan Kebudayaan – anggota Dewan Mahkota Pengeran Akhmad Noor Yakin, Datu Cendekiya Hikmadiraja Drs. H. Sirajul Huda, Adipati Barabai, Adipati Kandangan, Danramil Haruyan, Kapolsek Haruyan Iptu Sardiyana, Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Para Tamu Undangan, masyarakat Haruyan, Para Juriat Datu Taruna ( salah satunya Waka Polres HST Kompol Sarjaini ).

Tidak hanya warga Kalimantan Selatan (Indonesia), acara Upacara Adat Manyanggar Banua ini juga dihadiri oleh Pelajar dari Negara Taiwan yang sedang berwisata di daerah Kab. Hulu Sungai Tengah.

 

Adapun susunan acara dimulai dengan Pembukaan ‎Sekapur Sirih dari Ketua Panitia Pelaksana yang dilanjutkan dengan sambutan Yang Mulia Raja Muda Pangeran H. Khairul Saleh yang diwakili oleh Yang Mulia Pangeran Nor Yakin. Kemudian sambutan dari Plt. Bupati HST Drs. H. A Chairansyah dan sekaligus membuka secara resmi Upacara Adat Manyanggar Banua.

Acara Upacara Adat Menyanggar Banua itu sendiri berupa :
a. Tampung Tawar dengan mengurai mayang.
b. Mengantar 41 Macam Wadai ( Kue ) dan lainnya menuju lokasi tempat Upacara Adat.
c. Upacara Adat Manyanggar Banua Dilaksanakan Di Lokasi Acara Pamatang Kambat Desa Barikin.

Untuk pengamanan dan kelancaran kegiatan Upacara Adat, maka Polres HST mengerahkan petugas pengamanan yang terdiri dari Tim URC Polres HST , Anggota Pleton Siaga II, Anggota Koramil Haruyan dan anggota Polsek Haruyan yang berjumlah sekitar 50 personil.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.