• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah Adakan Pelatihan Penggunaan APAR

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 8 Juni 2020 0 komentar

Hulu Sungai Tengah– Dalam rangka mengahadapi bencana kebakaran ringan maka Polres HST melaksanakan Latihan Peningkatan Kemampuan Pemadaman Api Ringan Bersama TNI Polri dan Balakar Di Polres HST yang langsung dipimpin Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K yang diikuti Wakapolres HST Kompol Sarjaini, PJU Polres HST, Anggota Polres HST , Anggota Kodim 1002/Barabai, ASN Polres HST dan Perwakilan Balakar Kab. HST. bertempat di Halaman Mako Polres HST, Senin 8/6/2020)

Kegiatan pelatihan ini mendatangkan pelatih dari Instruktur Pemadam Kebakaran Balakar 654 Kab HST Bapak Reza Rudi ( Instruktur ), H Hernadi ( Sekretaris Balakar 654 ) dan Yudhi R ( Bagian Kelengkapan Balakar 654 ) yang telah memiliki Sertifikat Dasar Pemadaman Api.

Pada kesempatan tersebut instruktur menyampaikan Langkah dasar penggunaan APAR sebagai berikut :

– Tarik Pin Pengaman

– Arahkan Nozel

– Tekan Hendel Prezzor

– Sebarkan

yang langsung di praktekan oleh peserta pelatihan

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K., Menyampaikan   “Pada hari ini akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan peragaan memadamkan api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Kegiatan ini dimaksudkan agar seluruh Personil Polres HST, Anggota Kodim 1002/Barabai, termasuk pegawai ASN baik, ataupun Polsek Jajaran mengetahui cara menanggulangi kebakaran ringan dengan menggunakan APAR.

“Dalam pengenalan dan peragaan APAR kali Kapolres Hulu Sungai Tengah, dan pada saat peragaan Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K., juga menyempatkan memberikan himbauan kepada personil agar berhati hati dalam menggunakan alat alat elektronik baik komputer, lampu maupun alat pengisi daya / charger yang ada hubungannya dengan api maupun kelistrikan dan selalu merapikan dan mencabutnya bila setelah menggunakan karena Konsleting listrik maupun hubungan arus pendek sering menjadi penyebab utama kebakaran dan ini harus kita jaga bersama,” ucap Kapolres.

Lanjut, Kapolres, menuturkan, menekankan kepada seluruh personil apabila terjadi kebakaran agar tidak panik dan segera lakukan penanggulangan dengan menggunakan APAR. Jika masih belum bisa ditanggulangi, segera hubungi petugas kebakaran untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

“Kegiatan sosialisasi dan peragaan memadamkan api dengan menggunakan APAR dipandang perlu dilakukan untuk menambah wawasan personil Polri maupun ASN Polri khususnya Polres Hulu Sungai Tengah dan Polsek Jajaran terkait cara penggunaan APAR sebagai alat pemadam api. Diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini, personil dapat mengoperasikan APAR jika sewaktu-waktu dilingkungannya terjadi kebakaran ringan,” terang Kapolres Hulu Sungai Tengah.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Indra Maulana Akbar

Publish  : Indra Maulana Akbar

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto