• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah Polda Kalsel. Untuk mendekatkan Polri dan Masyarakat berbagai macam cara dilaksanakan, salah satunya yang dilaksanakan Anggota Polsek Hantakan Bripka Yunika Akbar Menghadiri undangan dari Tokoh Adat di Balai Ulin Limpak Desa Kindingan Kec.Hantakan sekitar 25 km dari pusat Kota Barabai pada Hari Sabtu, 11 Juni 2020 tepatnya pukul 20.00 WITA hingg Hari Minggu, 12 Juni 2020 pukul 07.00 WITA.

Kegiatan ini sesuai dengan Kebijakan Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K,.S.H,.M.H yaitu PROGRAM 2 Pemantapan Harkamtibmas Giat 7 Optimalkan Peran Dan Kemampuan Bhabinkamtibmas.

Acara “ARUH GANAL” yang biasanya disebut oleh Masyarakat Dayak dengan istilah “BAWANANG” yaitu merupakan ritual suku Dayak Meratus sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang melimpah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dipimpin oleh Kepala Adat Balian: Bpk.Supiani. Sebelum memulai acara mereka menyediakan “PIDUDUK” yaitu persembahan bagi arwah leluhur,berupa Beras,Kelapa,Gula Aren dan kebutuhan pokok lain yang dimasukkan ke dalam “BALIHUNG” yaitu Bakul/Keranjang hasil anyaman.

Mereka juga meletakkan “GILING” berupa Tembakau,Kapur,Gambir yang digulung dalam daun Sirih sebagai perantara untuk memanggil Arwah Para Leluhur agar mau menerima persembahan Warga. Sebelum acara dimulai ada penampilan tari daerah Dayak yaitu “BAKANJAR” yang ditarikan oleh para pemuda dayak,setelah selesai dilanjutkan dengan tari “BABANSAI” yang ditarikan oleh para gadis remaja dayak setempat.

Setelah selesai acara hiburan dilanjutkan acara inti “BATANDIK” yaitu persembahan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dipimpin 6 orang “BALIAN” yaitu orang yang memimpin doa pada upacara adat Dayak yang bertugas untuk berurusan dengan dunia atas dan dunia bawah dari para Roh Manusia yang telah meninggal dengan diiringi alunan Gendang Beriak dan Gelang Hiyang.

Kami di sana menginap di Balai,karena rasa kekeluargaan sudah tertanam kepada Tamu dan Undangan. Setelah selesai Ritual para Tamu dan masyarakat setempat makan bersama di Balai sambil menunggu pembagian “BARAS HANYAR” yaitu beras Buyung yang baru dipanen dan “LAMANG” ketan yang diolah menjadi makanan khas suku pedalaman. Selesai makan Tamu dan Undangan bisa membawa pulang Beras dan Ketan hasil panen mereka.

“Mari kita Lestarikan Kebudayaan Daerah dan merapat dengan masyarakat Pribumi setempat sebagai bentuk Polisi yang berbaur dengan Masyarakat.

Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto, S.I.K, melalui Ps. Paur Subbag Humas Aipda M. Husaini, S.E, M.M menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan cara yang paling tepat untuk langsung mengenal masyarakat binaannya dan pada kesempatan tersebut juga dilakukan Himbauan serta Sosialisasi tentang Kamtibmas, tegasnya.

Penulis : Muhammad Husaini


Editor :Indra Maulana Akbar


Publish : Indra Maulana Akbar


Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K