• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres HST Adakan Sispamkota persiapan Pilkada 2020

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 23 Juni 2020 0 komentar

hulusungaitengah.kalsel.polri.go.id, Barabai– Polres HuluSungai Tengah melaksanakan pelatihan Sistem Pengamanan Kota (sispamkota) di Stadion Murakata Barabai, Selasa (23/06/2020). Kegiatan ini dibuka oleh Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K.

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K, menyampaikan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan personel juga untuk mengetahui kesiagaan dan kemampuan pengamanan dalam rangka menghadapi persiapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun Anggaran 2020.

“Kegiatan ini dilakukan guna menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah karena rawan terjadinya gesekan antar pendukung.untuk itu, kami laksanakan latihan kemampuan pengendalaian massa (Dalmas),”jelas Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K,.

Kapolres Hulu Sungai Tengah berharap, dengan adanya pelatihan ini diharapkan personel yang nantinya terlibat dalam pengamanan Pilkada memiliki kemampuan dan kesiapan dalam menghadapi dinamika situasi kamtibmas dalam pesta demokrasi tahun 2020 mendatang.

Perlu diketahui, pelatihan sispamkota ini diikuti 275 personel Melibatkan Seluruh Fungsi dari Anggota  Polres Hulu Sungai Tengah Dan Anggota Polsek Jajaran Polres Hulu Sungai Tengah. dalam rangka Menjaga Keamanan Pilkada

Kegiatan Simulasi Meliputi Semua Tahapan Pilkada Mulai Dari Pendistribusian Kotak Suara Sampai Proses Simulasi kejadian Protes dan ketidak puasan salah satu saksi  dari peserta partai yang memprotes bahwa kertas suara yang telah sobek dianggap syah oleh KPPS, Sehinggga  ketidak Puasan tersebut berujung dengan Pemukulan Ketua KPPS oleh saksi yang merasa tidak Puas.

Untuk menghindari dan menyelamatkan kotak suara, kemudian  Petugas mengamankan Kotak suara ke KPU,  Dalam Perjalanan terjadi Peristiwa kecelakaan dan dapat diselesaikan oleh unit laka Polres dan kotak suara telah sampai di kantor KPU

Dugaan petugas KPPS meleset, Massa yang merasa tidak puas terus berdatangan mengepung Kantor KPU, Disisi Lain kepolisian Polsek dan Polres telah mengantisifasi dengan menyiapkan Pasukan Dalmas Awal Gabungan Polsek dan Polres.

Mengingat Pasukan Dalmas Awal  kalah jumlah sehingga Danki Dalmas meminta bantuan Polres untuk menerjunkan Pasukan Dalmas lanjutan Polres, Massa yang tidak puas dan pendukung salah satu kandidat  terus berdatangan baik jumlah maupun peralatan yang dibawa dan semakin beringas.

Mengingat Pasukan Dalmas lanjutan milik Polres Dengan Semua Peralatan Termasuk Water Cannon kewalahan dangan jumlah Massa yang begitu besar Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K. meminta bantuan Polda Kalsel untuk menerjunkan Dalmas Lanjutannya.

Begitu Dalmas lanjutan Polda Kalsel  tiba di tempat kejadian, Massa semakin beringas dengan melakukan perusakan Kantor KPU. Melihat kejadian yang tidak terkendali tersebut sehingga PHH Brimob Polda Kalsel  digerakkan ke lokasi kejadian dengan Segenap kekuatannya sehingga massa yang beringas dapat dikendalikan dan membubarkan diri dengan Tertib.

Kejadian tersebut diatas sebagai simulasi sispam Kota yang dilaksanakan di Stadion Murakata Barabai dalam rangka Pengamanan Pilkada 2020 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Penulis : Muhammad Husaini


Editor :Indra Maulana Akbar


Publish : Indra Maulana Akbar


Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto, S.I.K