• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Sesuai dengan arahan dari Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. bahwa Bhabinkamtibmas Polres HST wajib untuk melakukan tindakan penyelesaian masalah ( problem solving) warga binaannya.

“Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sesuai dengan Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015 adalah melaksanakan kunjungan atau sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan” kata Sabana.

Menyikapi arahan dari Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., maka para Bhabinkamtibmas selalu hadir ditengah – tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Limpasu Brigadir M Rahman dan Bhabinkamtibmas Desa Karau Briptu M Agus Riswanto Kecamatan Limpasu Kab. HST. Bertempat di kantor Polsek Limpasu, Kapolsek Limpasu Ipda Nafrizal bersama dengan kedua petugas Bhabinkamtibmas dan Kanit Reskrim Bripka Ibenson melakukan mediasi terhadap warga desa binaannya yang terlibat perkelahian, Kamis (5/4/2018) sekitar jam 11.00 wita.

Perkelahian ini melibatkan tiga orang remaja yakni Sayuti Rahman (25) dan Muhammad Salman (24) yang keduanya merupakan warga Desa Karau Rt. 007 / 003 Kec. Limpasu dengan Muhammad Rizki (26) warga Desa Limpasu Rt. 004 / 0012 Kec. Limpasu. Ketiganya berkelahi di Desa Abung Kec. Limpasu pada malam hari, Rabu (4/4/2018).

Dari hasil perkelahian tersebut Muhammad Rizki mengalami luka tusuk ditangan dan dipunggung akibat dari senjata tajam miliknya yang sempat direbut oleh Sayuti Rahman.

“Salah satu dari remaja yang sedang bertikai ini mengalami luka akibat dari senjata tajam, namun senjata tajam tersebut merupakan milik dia sendiri yang sewaktu bertikai berhasil direbut oleh lawannya” kata Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.

“Untuk menciptakan situasi yang kondusif di kabupaten HST, kami dari Polres HST maupun Polsek Jajaran terus meningkatkan kegiatan operasi pekat untuk meminimalisir para pelaku yang membawa senjata tajam. Agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali, minimal bisa kita cegah” jelas Sabana.

Menanggapi permasalahan yang dialami warganya dan supaya jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat maka Kapolsek Limaspu bersama dengan Bhabinkamtibmas memberikan pendekatan kepada kedua belah pihak dan mempertemukan keduanya di Polsek Limpasu. Dengan memanggil kepala desa dan keluarga dari kedua belah pihak, maka permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kedua belah pihak telah bersepakat untuk berdamai dan telah menandatangani surat perjanjian perdamaian yang disaksikan oleh keluarga dan kepala desa” lanjut Sabana.

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. mengapresiasi kegiatan para Bhabinkamtibmas dalam memecahkan permasalahan yang ada di desa binaanya.

“Para remaja yang bertikai ini sudah berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan tertulis dalam surat kedua belah pihak, dengan disaksikan oleh perangkat desa dan keluarga jadi permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan untuk mengantisipasi permasalahan yang lainnya” ungkap Kapolres Sabana.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.