• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

hulusungaitengah.kalsel.polri.go.id, Bertempat di halaman Mapolres HST telah dilaksanakan kegiatan Istighosah dan Tabligh Akbar dalam rangka Peringatan Isra Mi’Raj Nabi Besar Muhammad S.A.W. 27 Rajab 1440 H Bersama TNI Polri Forkopimda Dan Masyarakat Di Polres HST, Kamis (4/4/2019) pukul 20.00 Wita

Tema yang diambil dalam kegiatan Istighosah dan Tabligh Akbar adalah “Mari Meneladani Akhlak dan Kpribadian Nabi Dalam Kehidupan Sehari-hari” Dalam Rangka Mewujudkan Pemilu 2019 Yang Aman Damai dan Sejuk.

Kegiatan ini oleh Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., Dandim 1002 / Barabai Letkol Inf Nur Rokhman Zein, S.E., M.M., Bupati HST diwakili Sekda Kab.HST H.Akhmad Tamzil, S.IP, M.M., Danyon 621 Manuntung Letkol Inf Rio Neswan, Kajari Barabai Wagiyo Santoso, S.H., М.Н., Ketua KPU Kab HST Bpk Johansyah, Waka Polres HST Kompol Sarjaini, Kasdim Kodim 1002 Barabai Mayor Inf Fahrizani, Habaib dan Ulama Kab. HST, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, Ketua Bhayangkari Cab. HST Lina Sabana beserta anggota, Ketua Persit Kodim 1002 Barabai beserta anggota, Para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira dan Kapolsek Jajaran Polres HST, Para Danramil dan anggota Kodim 1002 / Barabai, anggota Batalyon Inf 621 Manuntung, anggota dan ASN Polres HST serta undangan dan masyarakat serta Santri Ponpes dan Anak Yatim Piatu Kab. HST. Jumlah keseluruhan yang berhadir sebanyak 1500 orang.

Kegiatan diawali Gema Maulid Habsyi Oleh Kelompok Habsyi Sabilan Muhtadin Pimpinan KH. Murjani dari Ds Andang Kec. Haruyan. Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Ibnu Rusdi dan Sari Tilawah oleh Hamidah. Zikir Akbar di pimpin oleh Ustadz H.Abdurrahman dari Tahfiz Al Qur’an Al Hikmah.

Selanjutnya sambutan Bupati Kab.HST yang diwakili oleh Setda Kab. HST H.Akhmad Tamzil, S.IP, M.M. Dalam sambutannya Setda HST mengatakan semoga dengan adanya kegiatan ini dan Istigosah dan Dzikir akan mendapatkan rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

“Kita berdoa agar pemilihan umum 2019 ini dapat berjalan dengan aman lancar dan damai dan kami menghimbau agar masyarakat tidak ada yang golput pada tanggal 17 April 2019 nanti, dan berdoa agar Kab. HST agar aman damai dan tentram.” kata H.Akhmad Tamzil, S.IP., M.M.

Kemudian sambutan dari Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., yang diantara semoga kita semua bisa memahami makna dari Isra dan Mi’raj dan semoga kita dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam pelaksanaan tugas, untuk mencapai kebahagiaan hidup kita di dunia dan akhirat.

“Kami selaku TNI Polri akan melaksanakan kegiatan pengamanan dan menjamin keamanan pada saat pemilihan Umum pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 agar masyarakat tidak ada merasa takut datang ke TPS menggunakan hak pilihnya secara bebas dan rahasia.” ujar Kapolres HST.

“Nanti semoga pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar serta saya berpesan kepada masyarakat agar Mesjid jangan dijadikan tempat untuk berpolitik serta bersama – sama mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.” lanjut Sabana Atmojo.

Selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada 50 orang Anak Yatim dari Yatim Piatu Al Ijtihad, Yatim Piatu Putra Harapan, Yatim Piatu Penyuluh Budi Haruyan dan Yatim Piatu Tahfiz Al-Qur’an Ar Raudah Hantakan.

Selain itu juga diadakan kegiatan penyerahan SIM gratis kepada 44 orang kaum Mesjid / Marbot yang ada di Kab. HST dan Deklarasi Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Acara puncak yakni Tausiah Agama oleh Ketua MUI Kab.HST (Kh.Wajihuddin Saleh) yakni Ukhuwah wathaniyah  kita sebangsa dan setanah air dan kita berbeda – beda antar suku agama dan ras, serta kita harus bersama sama menjaga negara kita agar selalu aman dan damai. Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam)agar kita menjaga persaudaraan dalam bernegara di Indonesia jangan ada perbedaan antar agama. Ukhuwah basyariyah / insaniyah (persaudaraan umat manusia) seseorang melihat orang lain terutama sebagai sesama manusia, bukan apa agamanya, sukunya, bangsanya, golongannya, identitasnya, dan baju-baju luar lainnya. Kita mau menolong seseorang yang membutuhkan pertolongan bukan karena dia seagama, sesuku, atau sebangsa dengan kita misalnya, melainkan karena memang dia seorang manusia yang berada dalam kesulitan dan sudah seharusnya kita tolong menolong, apa pun agama dan sukunya.

Tiga ukhwah kita ini lah yang kita jaga agar Negara kita, Banua kita agar aman dan tentram. Nabi kita diliha kan dengan kaum – kaum yang di azab dengan memecahkan kepalanya sendiri dikarenakan mereka yang tidak mau sujud kepada Allah dan tidak mau melaksanakan sholat 5 waktu. Dan peristiwa isra dan mi’raj ini lah Nabi kita mendapatkan perintah untuk melaksanakan kegiatan sholat 5 waktu untuk mencegak kegiatan keji dan mungkar.

Berikutnya Tausiah Agama oleh Ketua NU Kab.HST (KH.Muhammad Nawawi Hasan) yang diantaranya Jaga dan Pelihara Tanah Air Kita yang disebut Ibu Pertiwi, Nusantara, Indonesia, Nabi kita memerintahkan agar menjaga Tanah Air kita. Kesepakatan Indonesia adalah Negara Indonesia yang terdiri dari Suku Bangsa serta Agama, Ras dan tidak boleh merubah susunan tatanan negara Indonesia.

Untuk memeriahkan acara, juga dilakukan pembagian berupa Sepeda sebanyak 5 buah kepada para peserta Istighosah dan Tabligh Akbar. Akhir acara diakhiri dengan Doa yang dipimpin oleh Kh.Abdul Ghafar.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.