• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

hulusungaitengah.kalsel.polri.go.id, Dalam rangka menciptakan personil yang profesional pada saat pelaksanaan pengamanan TPS pada pemilu tahun 2019, maka Polres Hulu Sungai Tengah menggelar kegiatan pembekalan dan simulasi pengamanan TPS di Aula Bhayangkara Polres HST, Kamis (11/4/2019) pukul 09.30 Wita.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. didampingi Ketua KPU Kab. HST Johransyah dan Bawaslu Kab. HST. Peserta terdiri dari para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek Jajaran, Para Danramil Jajaran Kodim 1002/Barabai, Para Perwira Polres HST dan Anggota yang terlibat Pengamanan TPS.

Acara dimulai dengan sambutan Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. yang dilanjutkan dengan pembekalan dari Ketua KPU Kab. HST dan Bawaslu Kab. HST. Kemudian diadakan sesi diskusi dan tanya jawab.

Selesai pembekalan, para peserta bergeser menuju ke halaman Polres HST. Disana dilaksanakan Latihan simulasi Pengamanan TPS. Dalam simulasi tersebut diperankan oleh anggota Polres HST dan KPU Kab. HST. Adapun adegan yang dimainkan antara lain pengawalanan dan pengamanan pendistribusian kotak dan suarat suara dari PPS menuju ke TPS. Rangkaian pencoblosan mulai dari pemilih datang ke TPS, melakukan pendaftaran, sampai memasukan surat suara ke kotak suara. Penanganan apabila di TPS ditemukan tindak pidana senjata tajam. Cara mengatasi permasalah keributan yang terjadi didalam TPS.

Menurut Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., kegiatan ini digelar untuk memberikan gambaran prosedur pengamanan TPS yang benar dan tidak menyalahi aturan.

“Kami juga mengundang KPU dan Bawaslu sebagai nara sumber pada saat pemberian materi latihan, jadi personil pam TPS nantinya diharapkan mengerti tata cara pengamanan TPS yang benar dan cara penanganan pelanggaran pemilu dan pidana umum di TPS”. ungkap Sabana Atmojo.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.