• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Jelang pengamanan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang, Polres Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan Gelar Pasukan dan Gladi Sispamkota dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Mantap Brata Intan – 2018”, Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri Yang Kondusif. Kegiatan ini digelar di Halaman Stadion Murakata, Minggu (19/9/2018).

Selaku Inspektur Upacara adalah Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I K., M.H., dengan perwira upacara Kompol Jhoni Eka Putra, S.I.K., M.H. dan komandan upacara Ipda Jimmy R.M. Simanjuntak.

Upacara Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Intan 2018 ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati HST, Kasdim 1002/ Barabai Mayor Inf. Pahrijani, Ketua PN Kab. HST Eka Ratna, S.H., M.H., Kajari Kab. HST, Wadanyon 621 Manuntung Mayor Inf. Saiful Rizal, Ketua Bawaslu Kab. HST Muhammad Akhsani, Ketua KPU Kab. HST, Para Camat Kab. HST, Ketua Parpol, Ketua LSM Kab. HST, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Waka Polres Kompol Sarjaini, PJU Polres HST, PJU Kodim 1002/Barabai, Para Kapolsek Jajaran Polres HST, Anggota Batalyon 621, Anggota Kodim 1002/Barabai, Anggota Polres HST, Instansi Terkait dan Undangan Lainnya.

Setelah pelaksanaan gelar pasukan, acara dilanjutkan dengan deklarasi pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk oleh Forkopimda Kab. HST, tokoh masyarakat, penyelenggara dan peserta pemilu kabupaten HST.

Acara pun dilanjut dengan simulasi Sispamkota dalam rangka Operasi Mantap Brata Intan 2018.

“Kegiatan ini merupakan antisipasi jika terjadi permasalahan di wilayah kabupaten HST terutama kasus pada tahapan pemilu nantinya,” ungkap Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I K., M.H.

“Dalam pemilu tahun depan, Polres HST akan mempersiapkan sekitar 219 personil. Personil tersebut akan ditempatkan di KPU, TPS-TPS, Bawaslu dan objek vital lainnya.” lanjut AKBP Sabana Atmojo

Simulasi ini menceritakan tentang pengamanan dan cara bertindak pada tahapan – tahapan pemilu yang digelar kabupaten HST. Selain itu juga mempraktekkan cara menghalau serangan massa yang tak puas dengan hasil perhitungan surat suara.

Cara menghalau dan melumpuhkan massa yang anarkis, baik menggunakan pasukan anti huru-hara, watercanon hingga tembakan gas air mata.

Segala kerawanan pada tahapan pemilu yang akan terjadi sudah dipersiapkan dan begitu pula cara antisipasi dan pengamanannya.  Hal inimenunjukan kesiapsiagaan personil Polres HST dalam menghadapi kerawanan pada pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 nanti.

Penulis : Muhammad Husaini

Editor : Guntur Wahyudi

Publish : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres HST, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.