• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Razia Apotek, Antisipasi Beredarnya Obat PCC di Barabai

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 26 September 2017 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, – Pada bulan September ini tercatat 61 orang dilarikan ke sejumlah rumah sakit di Kendari, Sulawesi Tenggara akibat overdosis obat PCC.  PCC itu sendiri adalah kepanjangan dari Paracetamol, Cafein, dan Carisoprodol. Kebanyakan dari korban merupakan siswa SD dan SMP. Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi obat ini, ada yang langsung tak sadarkan diri bahkan juga meninggal dunia.

Untuk mengantisipasi beredarnya obat PCC di wilayah kabupaten Hulu Sungai Tengah, maka Polres  Hulu Sungai Tengah menggelar razia di beberapa apotek dan toko obat yang ada di kota Barabai. Selasa (26/9/2017) skj 11.00 wita.

Untuk memaksimalkan kegiatan dan mempercepat waktu maka Petugas gabungan dari Satuan Reserse Narkoba, Sat Intelkam, Sat Sabhara, Humas dan Sat Binmas serta dinas kesehatan Kab. Hulu Sungai Tengah ini dibagi menjadi 2 ( dua ) regu.
Yakni Regu I dipimpin oleh Kasat Res Narkoba di ikuti 6 orang pers Res HST beserta 2 orang dari dinas kesehatan melalukan pemeriksaan meliputi toko obat yang ada di daerah pasar murakata Barabai. Sedangkan Regu II dipimpin oleh Kasat Sabhara Res HST, KBO ResNarkoba di ikuti 7 orang pers Res HST beserta 1 orang dari dinas kesehatan pemeriksaan meliputi toko obat yang ada di daerah pasar Keramat Barabai.

Meski tidak ditemukan adanya obat PCC atau obat ilegal lainnya, petugas juga melakukan sosialisasi terhadap para pemilik apotek dan toko obat agar tidak menjual-belikan obat yang berbahaya tersebut. Jika dikemudian hari mengedarkan obat PCC, maka pemilik apotek dan toko obat tersebut akan diberi sanksi. Kandungan dari PCC yaitu Karisoprodol ini merupakan bahan baku obat keras yang efek sampingnya sangat berbahaya jika digunakan tanpa petunjuk dokter.

Terkait kegiatan razia tersebut, Kapolres HST AKBP Mugi Sekar Jaya, S.Sos, S.I.K. melalui Kasat Res Narkoba AKP Maturidi, S.H. mengatakan, “Kegiatan pemeriksaan ini untuk mengantisipasi masuknya obat PCC di Barabai, selain itu kita juga mensosialisasikan kepada anak-anak sekolah tentang bahaya mengkonsumsi obat-obat berbahaya dan narkoba” ucapnya. (Hu)

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Polres HSS, Polres Hulu Sungai Selatan, Polres Kotabaru, Kapolres Kotabaru.