• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres HST Tangkap Pelangsir yang Mengangkut Bensin 1200 Liter

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 17 Februari 2018 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif di wilayah kabupaten HST, maka Polres HST terus melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan bahkan menindak para pelaku tindak kriminalitas. Kali ini Sat Reskrim Polres HST menangkap satu orang pelaku BBM ilegal, Kamis (15/2/2018) sekitar jam 17.00 wita.

“Kamis sore, anggota dari Sat Reskrim Polres HST berhasil menangkap satu orang pelaku yang mengakut BBM jenis premium atau bensin menggunakan mobil pick up” kata Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.

Pelaku berinisial YT (45) warga Desa Sungai Buluh Rt. 003/ 002 Kec. Labuan Amas Utara Kab. Hulu Sungai Tengah. YT ditangkap petugas karena telah tertangkap tangan mengangkut bahan bakar minyak jenis Bensin tanpa ijin.

Kronologis penangkap pelaku bermula saat petugas dari Sat Reskrim Polres HST dan Polsek Labuan Amas Utara melaksanakan kegiatan patroli disekitar wilayah hukum Polsek Labuan Amas Utara. Kemudian sesampainya di jalan Raya Kasarangan Desa Binjai Pirua, petugas bertemu dengan pelaku yang sedang mengemudikan mobil pick up dengan bak yang tertutup dengan terpal plastik.

“Saat melaksanakan kegiatan patroli di daerah Kasarangan, petugas melihat pelaku yang membawa mobil pick up dengan bak tertutup terpal” kata Sabana.

Merasa curiga dengan apa yang diangkut oleh pelaku, petugas pun memeriksa memberhentikan mobil pelaku, Setelah diberhentikan, petugas memeriksa bagian bak mobil pick up yang dibawa pelaku. Ketika dibuka terpal tersebut, diketahui bahwa bak pick up itu mengangkut tangki modifikasi yang dipergunakan oleh pelaku untuk melangsir BBM.

“Mobil pelaku ini mengangkut tangki besi plat berbentuk kotak yang biasa dipergunakan pelaku untuk melangsir BBM” jelas Sabana.

Petugas segera menanyakan kepada pelaku jenis BBM yang ia angkut serta hal surat izin usaha pengangkut minyak. Saat ditanyai petugas, pelaku tidak bisa menunjukan surat izin yang dimaksud. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polres HST guna dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Barang bukti yang kami amankan berupa mobil jenis pick up Suzuki APV warna putih Nopol DA 9576 DC serta BBM jenis premium sebanyak 1200 Liter” ungkap Kapolres HST Sabana.

“Pelaku akan dijerat dengan pasal 53 huruf (b) UU. RI No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas bumi” tegas Sabana.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.