• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Dalam rangka menjaga situasi yang kondusif di wilayah kabupaten Hulu Sungai Tengah, maka Polres HST memasang Baleho himbauan, Rabu (7/2/2018)

Adapun baleho yang dipasang berupa Himbauan Stop Ujaran Kebencian, Penghinaan, Provokasi, Sara, Asusila, LGBT dan Berita Bohong / Hoax.

Perlu diketahui bahwa ujaran kebencian adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnis, gender, cacat, orientasi seksual, kewarganegaraan, agama, dan lain-lain.

Dalam arti hukum, ujaran kevencian / hate speech adalah perkataan, perilaku, tulisan, ataupun pertunjukan yang dilarang karena dapat memicu terjadinya tindakan kekerasan dan sikap prasangka entah dari pihak pelaku pernyataan tersebut ataupun korban dari tindakan tersebut.

Sedangkan provokasi adalah suatu tindakan yang menyebabkan reaksi seseorang seperti menjadi marah atau menyebabkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Dan Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

Menurut Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. masyarakat sekarang ini sudah cerdas, jangan mudah diprovokosi oleh isu radikalisme dengan kedok merajut kebangsaan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Adapun pemasangan Baleho tentang Himbauan Stop Ujaran Kebencian, Penghinaan, Provokasi, Sara, Asusila, LGBT dan Berita Bohong / Hoax di pasang di tiga titik sebagai berikut :
1. di jln. A. Yani Simpang 3 Murakata Barabai kec. Barabai Kab. HST
2. di jln A yani Desa Kapar kec. BAS ka . HST
3. di jln Kesuma Bangsa Kelurahan Birayang Kec BAS Kab. HST

“Selain memasang baleho himbauan, kami  juga meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu yang tak jelas kebenarannya. Karena peran serta masyarakat sangat penting dalam menjaga situasi dan kondisi khususnya di wilayah hukum Polres HST” kata Sabana

Berita hoax bukan sekadar masalah nasional, melainkan isu global yang pencegahannya tak semata tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menuntut ketelitian masyarakat sebelum menyebarkan informasi tersebut.

Terkait sering munculnya konten yang mengandung ujaran kebencian, hoax, fitnah, menghasut, provokasi yang berpotensi memecah belah dan mengadu domba di media sosial, Kapolres HST menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati – hati lagi dalam menggunakan media sosial.

“Masyarakat harus bisa menyaring apakah informasi dimaksud layak disebarkan atau tidak serta harus tahu terlebih dahulu tentang kebenaran informasi tersebut sebelum disebarluaskan” ungkap Sabana.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah Sabana Atmojo