• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres HST Gelar Latihan Fungsi Teknis Reskrim

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 12 September 2017 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Di dalam melakukan penyidikan, penyidik kepolisian memiliki tugas dan fungsi untuk mencari serta mengumpulkan bukti. Dengan bukti tersebut, dapat membuat terang suatu tindak pidana, selain itu dapat juga untuk menemukan tersangka. Untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme para penyidik Polri, maka Polres HST menggelar latihan fungsi teknis reserse kriminal dengan materi gelar perkara. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Bhayangkara Polres HST pada Selasa (12/9/2017) sekitar jam 08.20 wita.

Bertindak sebagai narasumber dan pemapar dalam latihan fungsi ini adalah Kasat Reskrim AKP Fadillah, S.H. Dalam acara ini diikuti oleh para Kabag, Kasatfung, Kasi dan Anggota Polres HST. Terkait materi latihan fungsi ini, ada beberapa alasan penyidik di tingkat kepolisian melakukan gelar perkara, diantaranya adalah kasus-kasus yang penting atau menonjol atau yang meresahkan masyarakat menurut kriteria tingkat kesatuan, perkara-perkara yang menyangkut keamanan negara dan Kepala Negara, Kasus yang menyangkut delik khusus (Penyelundupan, Korupsi, perbankan dll) dan yang paling kerap menjadi alasan dilakukan gelar perkara adalah terhadap kasus-kasus yang ambang batas antara pidana dan perdata.

Terkait latihan fungsi tersebut, Kapolres HST AKBP Mugi Sekar Jaya, S.Sos., S.I.K. melalui Kasat Reskrim AKP Fadillah, S.H. mengatakan, “Tindakan penyidik Kepolisian yang melakukan gelar perkara, menunjukkan kehati-hatian Penyidik dalam memproses suatu indikasi tindak pidana. Dalam mengadakan gelar perkara pun terdapat acuan bagi penyidik ditingkat kepolisian untuk melakukan mekanisme gelar perkara” jelasnya. (Hu)