• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres HST dan Jajarannya Menggelar Pelatihan Diskresi Kepolisian

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 15 Juni 2017 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme petugas di lapangan, maka Polres HST pelatihan. Pelatihan yang dimaksud adalah Pelatihan Diskresi Kepolisian Jajaran Polres Hulu Sungai Tengah Tahun 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Bhayangkara Polres HST pada hari Kamis (15/6/2017) sekitar jam 09.40 wita.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabag Sumda Kompol Saadillah, S.H., Kasat Reskrim Aris Munandar, S.H,M.H, Para Kapolsek Jajaran Polres HST, Para Kanit Reskrim, Sat Intelkam, Sat Binmas, Sat Sabhara dan Ka Spkt Polres HST dan anggota Polsek Jajaran dengan jumlah peserta yang hadir 40 Personil.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi dari Kasat Reskrim Polres HST yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah karena banyaknya pemberitaan mengenai penyalahgunaan diskresi Kepolisian di lapangan. Diskresi Kepolisian sendiri mengandung arti yaitu kewenangan seorang anggota Polri untuk bertindak atau mengambil tindakan menurut penilaiannya sendiri, dalam rangka kewajiban umumnya menjaga, memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum.

Diskresi Kepolisian itu pun pada dasarnya merupakan kewenangan Kepolisian yang bersumber pada asas Kewajiban Umum Kepolisian, yaitu suatu asas yang memberikan kewenangan kepada pejabat kepolisian untuk bertindak atau tidak bertindak menurut penilaiannya sendiri. Dengan adanya pelatihan yang digelar ini diharapkan membuat anggota tepat dalam mengambil tindakan diskresi dan tidak lagi ragu serta tepat dalam melakukan diskresi.

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Mugi Sekar Jaya, S.sos, S.I.K melalui Kabag Sumda Polres HST Kompol Saadillah, S.H. menerangkan, “Kegiatan pelatihan ini ditujukan kepada anggota yang bertugas dilapangan agar tidak salah dalam mengambil langkah diskresi” pungkasnya. (Hu)