• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Bertempat di Balai Pawanangan di Desa Labuhan Kec. Batang Alai Selatan, Polres HST dan Polsek BAS telah dilaksanakan pengamanan perayaan Hari Raya Nyepi Umat Hindu, Sabtu (17/3/2018)sekitar jam 06.00 wita.

Giat pengamanan dilaksanakan oleh 10 orang personel dari Polres HST dan Polsek BAS serta 4 orang personil Koramil 1002-01/Birayang yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Sat Sabhara Ipda Rachmat Hidayatnoor. Jumlah umat yang sedang merayakan Hari Raya Nyepi di Balai berjumlah 50 orang yang dipimpin oleh Pemangku Romanayah.

“Pelaksanaan ibadah ini tidak hanya dilaksanakan di Balai, namun ada juga yang melaksanakan ibadah di rumah masing-masing. Jumlah keseluruhan umat Hindu yang merayakan Nyepi di kecamatan Batang Alai Selatan sebanyak 300 orang” kata Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.

Giat pengamanan ibadah bertujuan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilkum Polsek Batang Alai Selatan Polres Hulu Sungai Tengah, terutama di lokasi tempat ibadah umat Hindu. Selain itu agar terbangunnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan mencegah terjadinya tindak pidana saat perayaan hari raya agama.

“Kegiatan pengamanan ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas sehingga umat yang merayakan hari raya agama merasa aman saat melaksanakan ibadah. Selain pengamanan, petugas juga melaksanakan pelayanan pengaturan lalu lintas di sekitar Balai sehingga kamseltibcar lalu lintas tercipta” jelas Sabana.

Adapun pelaksaan pengamanan berupa pengamanan terbuka dan tertutup sampai ibadah selesai dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan Polri terhadap masyarakat. Melakukan himbauan kepada masyarakat sekitar untuk menjaga toleransi antar umat beragama dan menjaga sitkamtibmas tetap kondusif. Selalu berkoordinasi dengan pemangku ibadah umat Hindu dalam hal waktu pelaksanaan ibadah, guna dapat memberikan pengamanan saat ibadah berlangsung.

“Kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi Umat Hindu berupa Catur Brata Penyepian ini tidak hanya digelar pada hari ini saja tetapi besok hari minggu masih akan dilaksanakan dan Polres HST akan tetap melaksanakan pengamanan di temapt ibadah sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat agar dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan nyaman” ungkap Sabana.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres HST, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., Sabana Atmojo.