• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai tengah, Dalam rangka memperingati hari Wafat Isa Al Masih / Hari Paskah di wilayah hukum Polres HST,maka Polres HST bersama dengan Polsek BAS dan Polsek Hantakan melaksanakan kegiatan pengamanan, Jum’at (30/3/2018) sekitar jam 09.30 wita.

Adapun gereja atau tempat ibadah yang menjadi sasaran giat pengamanan ada 3 yaitu Gereja Pantekosta Desa Labuhan Seberang Kec. Batang Alai Selatan, Gereja GKE Epatha Desa Labuhan Kec. Batang Alai Selatan dan Gereja Bethel Indonesia Datar Laga Desa Murung B Kec. Hantakan.

Giat pengamanan di Gereja GKE Epatha dipimpin oleh Kasat Reskrim AKP Ismat Wahyudi dengan beranggotakan 10 personil dari Polres dan Polsek. Untuk pengamanan di Gereja Pantekosta dipimpin oleh Kapolsek BAS Iptu Budiyono dengan beranggotakan 6 personil, sedangkan pengamanan di Gereja Bethel Indonesia dipimpin oleh Kapolsek Hantakan Iptu Tarjono dengan beranggotakan 11 personil.

Jumlah jemaat yang hadir di Gereja Pantekosta berjumlah 30 orang, ibadah ini dipimpin pendeta Anton Nholick, STh. Untuk GKE Ephata jumlah jemaat yang hadir berjumlah 150 orang dengan dipimpin pendeta Puji Hariyadi, MDiv. Sedangkan jemaat yang hadir di Gereja Bethel Indonesia berjumlah 50 orang dengan dipimpin pendeta Aminadap Nakos.

Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. mengatakan bahwa pengamanan Gereja dari pihak kepolisian ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas sehingga jemaat gereja merasa aman melaksanakan ibadah. Selain pengamanan, petugas juga melaksanakan pelayanan pengaturan lalu lintas di sekitar Gereja sehingga kamseltibcar lalu lintas tercipta.

Giat pengamanan ibadah bertujuan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilkum Polres Hulu Sungai Tengah, terutama di lokasi  tempat ibadah gereja di wilkum Polsek Batang Alai Selatan dan Polsek Hantakan. Selain itu agar terbangunnya kepercayaan masyarakat terhadap Polsek Batang Alai Selatan dan Polsek Hantakan dalam mencegah terjadinya tindak pidana di wilkum Polsek.

Giat pengamanan perayaan Natal dimulai dengan pemeriksaan dan sterilisasi ruang gereja, mimbar pendeta dan tempat duduk para jemaat sebelum acara dimulai. Selain itu dipintu masuk juga dilakukan pemeriksaan barang bawaan maupun penggeledahan badan kepada para jemaat yang masuk ruang gereja yang dilakukan oleh petugas pengamanan bekerja sama dengan remaja gereja.

“Kegiatan ini bertujuan agar terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam peringatan hari Wafat Isa Al Masih / Hari Paskah serta terwujudnya situasi dan kondisi kamtibmas yang aman, kondusif, terkendali sebelum, pada saat dan pasca perayaan tersebut” kata Sabana.

“Pengamanan ini juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat agar dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan nyaman” jelas Sabana.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres HST, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., Sabana Atmojo.