• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Dalam 3 hari ini wilayah Barabai diguyur oleh hujan namun hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Seperti kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Polsek Haruyan, Minggu (3/9/2017) sekitar jam 14.30 wita.

Mendapat informasi bahwa ada kebakaran lahan, anggota Polsek Haruyan yang dibantu oleh warga segera mendatangi Lokasi kebakaran tersebut yang berada di Gunung Jambu Hutan sekitar objek wisata Tagur menanti Batu Habu Desa Haruyan Seberang Kec. Haruyan Kab. HST. Luas lahan / hutan yang terbakar di perkirakan 2 hektar. Diketahui pemilik lahan adalah seorang petani yang bernama Bapak Sarmi (60) warga Batu Habu Desa Haruyan Seberang Kec. Haruyan Kab. HST.

Menurut keterangan dari saksi disekitar lokasi, awal mula kebakaran tersebut diperkirakan dari puntung rokok yang masih menyala yang dibuang oleh pengunjung ke padang ilalang yang kering sehingga api dengan cepat menyala dan membakar lahan. Sekitar jam 17.30 wita api sudah dapat di padamkan oleh anggota Polsek Haruyan dan masyarakat serta ditambah turunnya hujan sehingga lokasi yang terbakar cepat padam.

Lahan yang terbakar berada didataran tinggi dipuncak gunung jambu yang jarak dari polsek ke Batu Habu ditempuh dalam waktu 15 menit. Untuk dapat sampai ke puncak gunung jambu harus ditempuh dengan cara berjalan kaki karena tidak bisa dilalui oleh sepeda motor dan jaraknya sekitar 2 km.
Lahan yang terbakar berupa tumbuhan ilalang yang sudah kering sehingga sangat mudah terbakar. Disekitar TKP tidak ditemukan lahan persawahan maupun perkebunan melainkan terdapat tumbuhan dan pepohonan.

Terkait terjadinya kebakaran lahan tersebut, Kapolres HST melalui Ps. Kapolsek Haruyan Iptu Tarjono menjelaskan, “Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap pemilik lahan dan para saksi untuk mengetahui asal mula kebakaran lahan tersebut” jelasnya (Hu)