• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Pencuri Perahu Kelotok di Desa Rantau Bujur Ditangkap Warga

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 18 Januari 2018 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Kerja keras dalam upaya penanganan kasus maupun penindakan terhadap pelaku kejahatan dan tindak kriminalitas terus dilakukan Polres HST beserta Polsek Jajaran demi terciptanya situasi yang kondusif di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, namun tindak kejahatan masih saja tetap ada. Seperti kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang terjadi di Desa Rantau Bujur Rt. 03 / Rw. 02 Kec. Labuan Amas Utara Kab. Hulu Sungai Tengah, Rabu (17/1/2018) sekitar jam 03.00 wita.

Pelakunya adalah seorang nelayan yang berinisial IM (47) warga Desa Manta’as Rt. 06 / Rw. 02 Kec. Labuan Amas Utara Kab. Hulu Sungai Tengah. IM ditangkap oleh warga karena telah mencuri sebuah perahu kelotok beserta mesinnya milik Arbain (25) warga Desa Rantau Bujur Rt. 03 / Rw. 02 Kec. Labuan Amas Utara Kab. Hulu Sungai Tengah.

Awal kejadiannya bermula saat tengah malam korban mengikat perahu kelotoknya di depan rumahnya. Kemudian pada pagi harinya korban keluar rumah dan melihat perahu kelotoknya tersebut sudah tidak ada lagi ditempat.

Selanjutnya korban dibantu dengan masyarakat sekitar bersama – sama mencari kelotok tersebut. Setelah berkeliling bersama warga, korban menemukan perahu kelotoknya sedang dikemudikan oleh pelaku di Desa Tabat Kec. Labuan Amas Utara Kab. Hulu Sungai Tengah.

Pelaku pun tak dapat lagi berkilah lagi saat ditanyai oleh masyarakat yang membantu korban melakukan pencarian perahu kelotok milik korban. Kemudian pelaku beserta barang bukti diserahkan ke Polsek Labuan Amas Utara. Sehubungan dengan kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Labuan Amas Utara serta menuntut pelaku untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Terkait penangkapan pelaku oleh warga tersebut, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. mengatakan, “Terima kasih terhadap masyarakat yang mengerti hukum dan tidak melakukan main hakim sendiri dan segera menyerahkan pelaku kepada petugas. Pelaku akan kami jerat dengan pasal 363 KUH Pidana karena telah melakukan tindak pidana pencurian dalam pemberatan dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun” jelasnya.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres HST, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., Sabana Atmojo.