• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sesuai dengan Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015 adalah melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan.

Kali ini giat Bhabinkamtibmas Polres HST melakukan tindakan penyelesaian masalah ( problem solving) warga binaannya. Bhabinkamtibmas tersebut adalah Brigadir Eko Hadi Saputra Bhabinkatibmas Desa Pemangkih Kec. Labuan Amas Utara Kab. Hulu Sungai Tengah. Bertempat di kantor Kepala Desa Binjai Pemangkih, Brigadir Eko Hadi Saputra dibantu dengan perangkat desa melakukan mediasi terhadap warga desa binaannya terkait tindak pidana pencurian, Minggu (21/1/2018) sekitar jam 23.00 wita.

Korban pencurian tersebut adalah Kepala Desa Binjai Pirua yang bernama Barahim (45) warga desa Binjai Pemangkih Rt. 001/001 Kec. Labuan Amas Utara Kab. HST dengan pelaku berinisial SS (37) warga Desa Binjai Pemangkih Rt. 004/002 Kec. Labuan Amas Utara Kab. HST.

Pencurian tersebut terjadi siang hari, pelaku memetik buah kelapa di kebun milik korban tanpa seijin dari korban di Desa Binjai Pemangkih. Buah kelapa yang berhasil dipetik oleh pelaku sebanyak 26 ( dua puluh enam ) buah di 2 (dua) buah pohon kelapa. Namun aksi pelaku diketahui oleh korban dan pelaku pun langsung dibawa ke Kantor Kepala Desa Binjai Pemangkih.

Menanggapi permasalahan yang dialami warganya dan supaya jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat maka Bhabinkatibmas Desa Pemangkih Brigadir Eko Hadi Saputra memberikan pendekatan kepada kedua belah pihak. Dan akhirnya kedua belah pihak mau menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan.

Mengingat kedua belah pihak masih satu kampung dan pelaku mau mengembalikan buah kelapa yang telah dicuri oleh pelaku, maka pihak keluarga dari korban tidak menuntut pelaku ke jalur hukum. Kedua belah pihak sepakat berdamai dan menandatangani surat perjanjian perdamaian dengan disaksikan oleh keluarga dari kedua belah pihak.

Terkait permasalahan tersebut, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K, M.H. mengatakan, “Pelaku sudah berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan tertulis dalam surat pernyataan yang telah ditandatangai oleh kedua belah pihak, baik pelaku maupun korban masih satu kampung jadi permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan untuk mengantisipasi permasalahan yang lainnya” ungkapnya.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres HST, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., Sabana Atmojo.