• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Pelaku Penyetruman Ikan Ditangkap Polsek Labuan Amas Utara

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 3 April 2017 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Tindak kejahatan dilingkup perairan sering terabaikan, dengan dampak yang membahayakan ekosistem dalam air tersebut hingga menuju kepunahan menjadi ancaman serius untuk penangganannya.

Pada Hari Minggu (2/4/2017) pukul 01.30 Wita telah tertangkap tangan oleh petugas kepolisian, pelaku berinisial HA (33) warga desa Samhurang Kec.Labuhan Amas Utara Kab.HST melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan alat setrum berupa genset sebagai mana dimaksud dengan pasal 84 ayat (1) UU RI No 31 tahun 2004 tentang perikanan.

Penangkapan terhadap pelaku ini berawal dari informasi dari masyarakat bahwa praktek penyetruman atau menangkap ikan menggunakan alat setrum semakin marak, setelah menerima informasi tersebut anggota beserta Satuan Polair dan masyarakat bersama sama melakukan penggerebekan di tempat tersebut dan mendapati 1 ( satu ) orang yang tertangkap tangan pada saat mau melarikan diri dan anggota serta masyarakat mengamankan barang buktinya.

Barang bukti yang berhasil disita petugas adalah  1 ( satu ) buah genset merk TG2800, 1 (satu) buah kapal bermotor kecil dan 1 ( satu ) buah alat setrum saat dipergunakan pelaku dalam menjalankan aksinya.

Kapolsek Labuan Amas Utara Iptu Kasto, S.Pd membenarkan penangkapan tersebut “Berkat informasi masyarakat peduli lingkungan, akhirnya pelaku penyetruman ekosistem air ini dapat ditangkap, upaya ini merupakan langkah guna menjaga keseimbangan ekosistem air dan menjadi contoh bagi pelanggar lainnya untuk dapat mengindahkan bahaya yang diakibatkan oleh penyetruman” jelasnya. (Hu)