• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sesuai dengan Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015 adalah melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan.

Kali ini giat Bhabinkamtibmas Polres HST melakukan tindakan penyelesaian masalah ( problem solving) warga binaannya. Bhabinkamtibmas tersebut adalah Bripka Abdi Aris Bhabinkatibmas Kelurahan Barabai Utara Kec. Barabai Kab. HST. Bertempat di kantor Polres HST, Bripka Abdi Aris dibantu dengan perangkat desa melakukan mediasi terhadap warga desa binaannya terkait tindak pidana pencurian, Rabu (10/1/2018) sekitar jam 22.30 wita.

Pelakunya yaitu dua orang pelajar yang masing – masing berinisial MS (14) warga desa Taras Padang Rt. 04 Rw 02 Kec. Labuan Amas Selatan Kab. HST dan NG (16) warga desa Awang Besar Rt. 07 Kec. Barabai Kab. HST. Keduanya ditangkap warga sekitar karena melakukan percobaan pencurian dengan cara masuk ke dalam salah satu kelas yang ada di Sekolah MAN 1 Barabai.

Kedua pelaku masuk ke dalam MAN 1 Barabai dengan cara lewat jendela kelas untuk masuk kedalam kelas. Maksud kedua pelaku masuk kedalam sekolah tersebut adalah untuk mencuri benda berharga yang ada didalam kelas tersebut. Namun sewaktu didalam kelas tersebut, kedua pelaku tidak menemukan uang atau pun benda berharga didalam kelas. Ternyata perbuatan kedua pelaku tersebut sudah diketahui oleh warga Kampung Jawa Rt. 08. Warga yang curiga terhadap kedua pelajar ini yang masuk kedalam sekolahan pada waktu malam hari, segera menangkap keduanya. Setelah itu kedua pelaku di amankan di Polres HST.

Kedua orang tua pelaku beserta aparat desa dipanggil perihal penangkapan kedua pelaku. Orang tua pelaku meminta maaf kepada warga Kampung Jawa Rt. 08 yang diwakili oleh Ketua RT. dan di bikinkan surat pernyataan kepada pelaku agar tidak mengulangi perbuatanya lg atas kejadian tersebut kedua belah pihak sepakat damai secara kekeluargaan.

Tetapi mengingat kedua pelaku masih pelajar dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, maka pihak sekolah dan warga tidak menuntut pelaku ke jalur hukum. Kedua pelaku juga menandatangani surat pernyataan dengan disaksikan oleh keluarga dan warga.

Terkait permasalahan tersebut, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K, M.H. melalui Ps. Paur Subaghumas Bripka M. Husaini, S.E, M.M. mengatakan, “Pelaku sudah berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan tertulis dalam surat pernyataan, mengingat status kedua pelaku masih pelajar maka permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan untuk mengantisipasi permasalahan yang lainnya” ungkapnya.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres HST, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., Sabana Atmojo.