• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Kesalahpahaman Jual Beli Tanah Berujung Damai di Polsek Batara

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 13 Januari 2018 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sesuai dengan Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015 adalah melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan.

Kali ini giat Bhabinkamtibmas Polres HST melakukan tindakan penyelesaian masalah ( problem solving) warga binaannya. Bhabinkamtibmas tersebut adalah Aipda Tomi Priadi Bhabinkatibmas Desa Hapingin Kec. Batang Alai Utara Kab. HST. Bertempat di Mapolsek Batang Alai Utara, Aipda Tomi Priadi dibantu dengan Kanit Reskrim, Kanit Intelkam dan Kepala desa Awang mendamaikan dua orang warga di desa binaannya yang sedang berselisih paham, Sabtu (13/01/2018) sekitar jam 18.00 wita.

Kesalahpahaman yang terjadi antara dua orang laki – laki bernama Sahdan (41) warga desa Awang Baru Rt. 001/001 Kec. Batang Alai Utara Kab. HST dan Nordin (55) warga Desa Lajar Kec. Lampihong Kab. Balangan. Keduanya berselisih paham terkait permasalahan jual beli tanah.

Sebelumnya tidak ada masalah antara keduanya, mereka bekerja sama untuk menjual sebuah tanah dengan membagi hasil keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang ada. Namun setelah tanah yang mereka jual sudah laku, hasil pembagian keuntungan diantara keduanya tidak sesuai dengan rencana semula seperti kesepakatan sebelumnya.

Menanggapi permasalahan yang dialami warganya dan supaya jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat maka Bhabinkamtibmas Desa Hapingin Aipda Tomi Priadi  memberikan pendekatan kepada kedua belah pihak. Dan akhirnya kedua belah pihak mau menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan. Keduanya pun dipertemukan di Polsek Batang Alai Utara, dengan disaksikan oleh saksi dari kedua belah pihak, mereka juga bersepakat berdamai dengan menandatangani surat perjanjian perdamaian yang disaksikan oleh Kepala desa Awang dan keluarga dari kedua belah pihak.

Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K, M.H melalui Ps. Paur Subaghumas Bripka M. Husaini, S.E, M.M. mengatakan, “Yang telah dilakukan anggota Bhabinkamtibmas tersebut sudah sesuai dengan tugas pokok Bhabinkamtibmas dalam Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015 yaitu melakukan dan membantu pemecahan masalah, selain itu Bhabinkamtibmas memiliki wewenang menyelesaikan perselisihan warga masyarakat atau komunitas sesuai dengan Pasal 28 Perkap No 3 Tahun 2015” ungkapnya.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres HST, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., Sabana Atmojo.