• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Sesuai dengan arahan dari Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. bahwa Bhabinkamtibmas Polres HST wajib untuk melakukan tindakan penyelesaian masalah ( problem solving) warga binaannya.

“Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sesuai dengan Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015 adalah melaksanakan kunjungan atau sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan” kata Sabana.

Menyikapi arahan dari Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., maka para Bhabinkamtibmas selalu hadir ditengah – tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Aiptu Bambang Setyono Bhabinkamtibmas Desa Aluan Besar dan Brigadir Sutrisno Bhabinkamtibmas Desa Murung A. Bertempat di kantor Kepala Desa Murung A, Kedua Bhabinkamtibmas tersebut bersama Kepala Desa mendamaikan dua orang remaja yang sedang berkelahi, Kamis (8/2/2018) sekitar jam 15.00 Wita.

Perkelahian tersebut dipicu karena masalah kesalahpahaman. Remaja tersebut bernama M. Ikhwanulyahin (15) dan M. Hidayat (22) yang keduanya merupakan warga Desa Murung A Kec. Batu Benawa Kab. HST.

Menurut keterangan yang berhasil dihimpun, diketahui bahwa sebelum kejadian korban M. Hidayat akan berangkat ke Sekolah di MTsN Batu Benawa. Saat berangkat sekolah, korban mengeber – geber sepeda motornya disamping pelaku M. Ikhwanulyahin.

Perilaku dari korban ini lah yang membuat kesal pelaku, sehingga saat sampai di sekolah, pelaku langsung mendatangi korban dan memukul pipi sebelah kiri korban.

“Pelaku merasa kesal karena saat keduanya berangkat sekolah, korban mengeber – geber sepeda motornya disamping pelaku” ujar alumni Akpol 1999 itu.

Menanggapi permasalahan yang dialami warganya dan supaya jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat maka Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa memberikan pendekatan kepada kedua belah pihak dan mempertemukan keduanya di kantor Kepala Desa. Dengan memanggil orangtua dari masing – masing kedua belah pihak, maka permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kedua belah pihak telah bersepakat untuk berdamai dan telah menandatangani surat perjanjian perdamaian yang disaksikan oleh orang tua dari kedua remaja dan disaksikan oleh kepala desa” lanjut Sabana.

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo mengapresiasi kegiatan para Bhabinkamtibmas dalam memecahkan permasalahan yang ada di desa binaanya.

“Kedua remaja tersebut sudah saling memaafkan dan orang tua remaja tersebut juga akan menjaga anak mereka masing-masing agar tidak terulang kejadian seperti ini dikemudian hari” ungkap Kapolres Sabana.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi