• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Donor Darah Melalui Kegiatan Sadonda HST di RSUD H.Damanhuri Barabai

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 8 November 2017 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Rumah sakit H.Damanhuri Barabai termasuk dalam Kelurahan Barabai Barat, daerah tersebut merupaan salah satu wilayah binaan Bhabinkamtibmas Brigadir Riri Herlianto. Demi memberikan pelayanan yang terbaik, setiap hari Bhabinkamtibmas Brigadir Riri Herlianto datang ke rumah sakit H.Damanhuri Barabai untuk berkoordinasi dengan pihak rumah sakit maupun satpam dalam hal keamanan serta pasien yang dibawa ke ruang IGD, seperti hari ini Rabu (8/11/2017) sekitar jam 13.30 wita.

Pada kesempatan berkunjung ke rumah sakit, Bhabinkamtibmas Brigadir Riri Herlianto terkadang menemukan permasalahan yaitu sulitnya mencari darah untuk pasien yang membutuhkan darah skala darurat, seperti pasien melahirkan ataupun kecelakaan. Hal ini tentu berhubungan dengan nyawa seseorang, oleh karena itu Bhabinkamtibmas Brigadir Riri Herlianto tergerak hatinya untuk mencarikan darah yang dibutuhkan oleh pasien. Karena Bhabinkamtibmas Brigadir Riri Herlianto yang dikehidupan sehari- hari aktif dibidang komunikasi radio dan beberapa organisasi bidang kemanusiaan, maka tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencari pendonor.

Seiring berjalannya waktu dan banyaknya para pendonor, dengan sendirinya terbentuklah Sadonda HST ( sahabat donor darah barabai ). Organisasi ini bekerja hanya keikhlasan dan panggilan hati. Dibawah koordinator Brigadir Riri Herlianto, para anggota Sadonda HST akan memberikan pelayanan 24 jam (on call) untuk pasien yang memerlukan darah.

Sejak terbentuknya sadonda pada Januari 2017 lalu, anggotanya hanya dari para sahabat dan kawan. Namun sekarang Sadonda terdiri dari kalangan TNI, Polri, Orari , Barisan Pemadam Kebakaran, Mahasiswa, Pelajar ,Ustadz dan kalangan pemuda pemudi yang memang ikhlas untuk berdonor yang terhimpun satu barisan dan tercatat dibuku donor Sadonda HST.

Selama Januari 2017 s/d Oktober 2017 sudah ada 398 pendonor. Jika dihitung rata – rata setiap bulannya ada sekitar 39 pendonor, itupun tergantung permintaan darah pasien yang ada pada UTD (Unit Transfusi Barabai) Rumah Sakit Barabai. Pendonor Sadonda akan datang didampingi oleh Bhabinkamtibmas ke ruang UTD untuk dipemeriksaan kesehatannya oleh petugas medis , setelah itu dilakukan pengambilan darah. Prinsipnya Sadonda ikhlas dan menghilangkan airmata tanpa pamrih. Untuk memperluas jaringannya, Sadonda HST membentuk grup di media sosial seperti facebook dengan nama Sadonda HST Sahabat Donor Darah Barabai serta grup kalimantan peduli.

Terkait hal tersebut, Kapolres HST AKBP Mugi Sekar Jaya, S.Sos, S.I.K. melalui Kasat Binmas Iptu H. Ady Suwarno mengatakan, “Kegiatan ini sangat positif dan bagus sekali, tujuan dari kegiatan donor darah ini adalah untuk membantu bagi mereka yang membutuhkan, karena mendapatkan donor darah dapat menyelamatkan nyawa mereka, apalagi kegiatan ini hanya demi kemanusiaan” ucapnya.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Polres HSS, Polres Hulu Sungai Selatan, Polres Kotabaru, Kapolres Kotabaru.