• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Bhayangkari Polres HST Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan IVA

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 13 Februari 2018 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Bertempat di Aula Bhayangkara, Yayasan Kemala Bhayangkari Polres HST menggelar Sosialisasi dan Pemeriksaan IVA Test, Senin (12/2/2018) sekitar jam 08.30 Wita.

Acara tersebut dihadiri Ketua Bhayangkari Cab. HST Lina Sabana Atmojo yang didampingi Wakil Ketua Bhayangkari Cab. HST Army Sarjaini. Kegiatan sosialisasi ini dalam rangka HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke – 38.

IVA ( Inspeksi Visual Asam asetat ) adalah pemeriksaan leher rahim ( serviks ) dengan cara melihat langsung ( dengan mata telanjang ) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sapai dengan 5%.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk untuk mendeteksi kanker leher rahim dan juga skrining alternatife dari pap smear karena biasanya lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.

Kegiatan Sosialisasi Tentang Kesehatan Serviks disajikan oleh Tim Medis dari Dinas Kesehatan Kab. HST dibantu Urkes Polres HST. Peserta kegiatan yang mengikuti kegiatan sosialisasi Anggota Bhayangkari, Polwan dan Masyarakat sekitar Polres HST.

Kanker leher rahim atau serviks merupakan kanker terbanyak yang diderita oleh perempuan di Indonesia. Data rumah sakit sentral Indonesia terdapat 15.000 pasien baru kanker leher rahim setiap tahunnya, dan 8.000 diantaranya meninggal.

“Dengan adanya pemeriksaan ini diharapkan dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin terhadap para peserta sosialisasi” ungkap Kapolres HST Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah Sabana Atmojo