• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Hulu Sungai Tengah, Sesuai dengan arahan dari Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo bahwa Bhabinkamtibmas Polres HST wajib untuk melakukan tindakan penyelesaian masalah ( problem solving) warga binaannya.

“Salah satu fungsi Bhabinkamtibmas sesuai dengan Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015 adalah melaksanakan kunjungan atau sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan” kata Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo.

Menyikapi arahan dari Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, maka para Bhabinkamtibmas selalu hadir ditengah – tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Aiptu Bambang S Bhabinkamtibmas Desa Paya Besar. Bertempat di kantor Kepala Desa Paya Besar Kec. Batu Benawa Kab. HST, Bhabinkamtibmas tersebut mendamaikan dua orang warga yang terlibat perkelahian, Senin (5/2/2018) sekitar jam 20.00 Wita.

Perkelahian tersebut terjadi karena masalah kesalahpahaman diantara dua orang tersebut, yang masing – masing bernama Muhammad Rahmatullah (17) warga Jalan Swadaya Desa Paya Besar Rt. 002 Rw. 001 Kec. Batu Benawa Kab. HST dan M. Aldi Rahman (17) warga Jalan Swadaya Desa Paya Besar Rt. 003 Rw. 002 Kec. Batu Benawa Kab. HST.

Kejadiannya bermula saat masyarakat sedang menggelar kegiatan keagamaan Yasinan di Desa Paya Besar atau lebih tepatnya lagi di salah satu rumah warga. Muhammad Rahmatullah melintasi daerah tersebut dengan mengendarai sepeda motor dengan kencang (ngebut). Karena merasa tidak suka dengan apa yang diperbuat oleh Muhammad Rahmatullah, M. Aldi Rahman beserta temannya menunggu dan mencegat (memberhentikan) Muhammad Rahmatullah saat arah kembali.

Muhammad Rahmatullah pun langsung dipukul oleh M. Aldi Rahman beserta temannya. Melihat ada kegaduhan, kedua remaja tersebut direlai dan dibawa ke Kantor Kepala Desa.

Menanggapi permasalahan yang dialami warganya dan supaya jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat maka Aiptu Bambang S Bhabinkamtibmas Desa Paya Besar bersama Kepala Desa Paya Besar memberikan pendekatan kepada kedua belah pihak serta memanggil orang tua dari kedua remaja tersebut. Dan akhirnya kedua belah pihak mau menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan.

“Dengan disaksikan oleh Kepala Desa Paya Besar dan masing – masing saksi dari kedua belah pihak, keduanya bersepakat berdamai dengan menandatangani surat perjanjian perdamaian” kata Sabana.

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo mengapresiasi kegiatan para Bhabinkamtibmas dalam memecahkan permasalahan yang ada di desa binaanya.

“Kegiatan problem solving yang dilakukan Bhabinkamtibmas tersebut merupakan penyelesaian masalah secara kekeluargaan dan tidak sampai ke jalur hukum” ungkap Sabana.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Tengah, Kapolres Hulu Sungai Tengah Sabana Atmojo