• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Antisipasi Datangnya Banjir, Polres HST Mengecek Peralatan SAR

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 4 April 2017 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Dalam beberapa hari ini wilayah Kabupaten HST sering diguyur hujan dengan intensitas sedang bahkan lebat. Untuk meningkatkan kemampuan kepolisian khususnya dalam hal penanganan becana alam dan kesiapan peralatan rantis yang mengemban fungsi SAR, maka Satuan Sabhara Polres HST bekerjasama dengan Sarpras Polres HST melaksanakan pengecekan kesiapan peralatan Rantis yang dilaksanakan pada hari Selasa (4/4/2017) sekitar jam 11.15 wita bertempat di halaman Mapolres HST.

Kegiatan tersebut untuk mengetahui bagaimana kondisi peralatan SAR dan kesiapan Polres HST dalam menangani bencana alam. Perlu diketahui bahwa dalam setahun wilayah Barabai bisa dua kali dilanda musibah banjir. Disamping itu, kegiatan ini juga untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat dalam hal penanganan bencana khususnya banjir, sehingga pada saatnya nanti tidak ditemukan lagi hambatan-hambatan yang dapat menghambat kelancaran tugas-tugas kemanusiaan yaitu penanganan bencana alam.

Ada beberapa wilayah di Kabupaten HST yang mempunyai riwayat sering mengalami musibah banjir terutama sekitar bantaran sungai Barabai. Bila sudah datang banjir, wilayah tersebut tidak bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupuan roda 4 dan satu-satunya sarana yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Perahu. Dengan adanya perahu maka kegiatan patroli pada saat datang musibah banjir tetap bisa dilaksanakan.

Paurlog Iptu Djoni Asmoro menuturkan, ” Sudah dua hari ini wilayah Barabai diguyur hujan. Untuk mengantisipasi datangnya musibah banjir maka kami mengecek peralatan berupa mobil rantis, perahu dan peralatan SAR lainnya. Sehingga nanti pada saat tiba waktunya dan peralatan akan dipergunakan sudah dalam keadaan siap.” (gw)