• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Antisipasi Banjir, Kasat Sabhara Polres HST Gelar Latihan SAR

Diterbitkan oleh Humas Polres HST 30 November 2017 0 komentar

Polres Hulu Sungai Tengah, Dalam beberapa hari ini wilayah Kabupaten HST sering diguyur hujan dengan intensitas sedang bahkan lebat. Untuk meningkatkan kemampuan kepolisian khususnya dalam hal penanganan becana alam dan kesiapan peralatan rantis yang mengemban fungsi SAR, maka Satuan Sabhara Polres HST bekerjasama dengan Sarpras Polres HST melaksanakan penggelaran alat – alat SAR di halaman Mapolres HST. Kamis (30/11/2017) sekitar jam 14.00 wita.

Kegiatan tersebut untuk mengetahui bagaimana kondisi peralatan SAR dan kesiapan Polres HST dalam menangani bencana alam. Perlu diketahui bahwa dalam setahun wilayah Barabai bisa dua kali dilanda musibah banjir. Disamping itu, kegiatan ini juga untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat dalam hal penanganan bencana khususnya banjir, sehingga pada saatnya nanti tidak ditemukan lagi hambatan-hambatan yang dapat menghambat kelancaran tugas-tugas kemanusiaan yaitu penanganan bencana alam.

Kelengkapan alat SAR yang diperiksa berupa :

1. Mobil rantis rescue beserta kelengkapan Sar 1 unit kondisi baik
2. Perahu karet 1 unit kondisi baik
3. Perahu kano 2 unit kondisi baik
4.. Perahu kayak 2 unit kondisi baik
3. Dayung 4 buah kondisi baik
4. Rompi 8 buah kondisi baik
5. Helm 8 buah kondisi baik
6. Chainsaw 3 buah kondisi baik

Setelah pemeriksaan kelengkapan dan peralatan SAR, dilanjutkan dengan kegiatan latihan SAR terbatas dengan melibatkan personil sebanyak 20 orang. Pelaksanaan latihan SAR tersebut bertempat di bendungan Batang Alai Selatan.

Adapun materi latihan yang diberikan kepada peserta latihan adalah :

– teknik berenang
– teknik dan cara menolong korban tenggelam.
– cara memberikan pertolongan pertama pd korban tenggelam
– teknik mendayung perahu, kayak dan kano
– teknik membalik perahu kayak dan kano di tengah sungai.
– teknik menaiki perahu kayak dan kano di tengah sungai

Terkait kegiatan tersebut, Kapolres HST  AKBP Mugi Sekar Jaya, S.Sos., S.I.K., melalui Kasat Sabhara AKP Slamet Hari Wahyudi mengatakan, “Untuk mengantisipasi datangnya musibah banjir maka kami mengecek peralatan berupa mobil rantis, perahu dan peralatan SAR lainnya. Sehingga nanti pada saat tiba waktunya dan peralatan akan dipergunakan sudah dalam keadaan siap. Selain itu kami juga mengadakan pelatihan SAR, jadi anggota siapsiaga bila sewaktu – waktu terjadi bencana alam” ucapnya.

Penulis  : Muhammad Husaini

Editor    : Guntur Wahyudi

Publish  : Guntur Wahyudi

Tagline, Polda Kalsel, Polres HST, Polres Hulu Sungai Tengah, Polres HSS, Polres Hulu Sungai Selatan, Polres Kotabaru, Kapolres Kotabaru.